Tuesday, July 14, 2015

Permainan yang sudah di musiumkan


Dolanan Bocah Desa
(permainan anak desa yang mungkin sudah dilupakan)


Mungkin kita sudah melupakan jenis permainan anak jaman dulu yang boleh dibilang hemat tanpa biaya. Kadang saya perihatin dengan anak jaman sekarang yang tidak pernah bergerak hanya untuk bermain game di laptop atu tablet atau handphone yang tentunya akan merusak mata si anak, dan tak jarang anak jarang bergerak sehingga berat badan anak itu terlampau gemuk, saya tidak menyalahkan mengenai perkembangan tekhnologi asalkan tekhnologi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan yang dapat membantu manusianya lebih bersemangat untuk beraktifitas, tapi malah saat ini untuk semua tekhnologi yang kita gunakan malah menjerumuskan kita untuk menggunakan segala sesuatunya secara cepat dan instan. 

Sebagai contoh dulu waktu saya masih usia 7 tahun untuk mandi saya harus ke sungai terlebih dahulu dan di sungai saya bertemu dengan teman teman saya untuk mandi, tapi banyak aktifitas yang dapat kami lakukan disana seperti membuat perahu dari daun bambu yang sudah tua dan kami lombakan siapa yang tercepat ingat tanpa baterai jadi kami tidak perlu untuk bersusah payah untuk membeli baterai, kami puas, kami senang walaupun tidak mahal. Berbeda dengan sekarang ketika anak kecil meminta untuk bermain kapal kapalan mereka harus membeli dengan remote control dan juga lebih besar kalau tidak dibelikan akan ngambek ke orang tua....coba di analisa apa dampaknya, pertama melatih anak untuk boros kedua anak menjadi mudah marah ke orang tua....

Sebenarnya masih banyak contoh yang dapat kita ambil untuk menggambarkan perbedaan antara jaman dulu dengan sekarang. Memang jaman sekarang lebih moderen katanya kalau tidak moderen tidak keren atau katro tapi menurut saya modern itu bagus tapi kalau bisa jangan sampai melupakan hal hal yang seperti ini.

Kadang saya merasa bingung kenapa ketika negara lain mengakui permainan tradisional maupun tarian tradisional kita mereka marah dan baru berebut, padahal mereka sendiri melupakanya, bahkan malu untuk melestarikanya. Sebenarnya kasihan dengan para pendahulu kita yang berjuang dengan sekuat tenaga bahkan mengorbankan nyawanya untuk melindungi negara kita hingga merdeka tapi kita di jaman sekarang tidak mau melestarikanya. 

Sebelum semua hal yang tidak kita inginkan terjadi maka lestarikanlah kebudayaan tradisional dalam hal ini permainan permainan tradisional yang masih bisa kita lestarikan

No comments:

Post a Comment